16 Cara Irit Kuota Internet / Data Seluler Android Dari Banyak Sekali Sumber Terpercaya

 Kuota atau Data Seluler ketika ini memang sangat berhasil menggantikan posisi Pulsa di bida 16 Cara Hemat Kuota Internet / Data Seluler Android Dari Berbagai Sumber Terpercaya


Cara Hemat Kuota Internet / Data Seluler Android - Kuota atau Data Seluler ketika ini memang sangat berhasil menggantikan posisi Pulsa di bidangnya, Terlebih lagi keluar nya Jaringan 4G dengan harga kuota yang relative murah di banding membeli kuota dengan pulsa makin menjelaskan bahwa Kuota / Data Seluler lebih unggul dari pada Pulsa.

Namun apabila penggunaan Kuota / Data Seluler terbilang boros, Maka ada Cara Alternatif untuk Meng Hemat Kuota Internet / Data Seluler Android kita. Cara Cara ini saya rangkum dari sumber sumber terpercaya ibarat Jalan Tikus dan Kompas.com.

Berikut ialah 16 Cara Hemat Kuota Internet / Data Seluler Android Dari Berbagai Sumber Terpercaya :


1. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing.


Jika kau pengguna Chrome browser, maka kau sanggup memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kau sanggup pergi ke sajian Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kau sampai 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu. 


  
2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.


Salah satu cara menghemat kuota data ialah menon-aktifkan akun yang mempunyai opsi sinkronisasi dan tidak kau pakai secara berkala. Untuk memulainya, kau sanggup masuk ke sajian Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kau sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kau sebab aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet. 

  
3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.


Kamu niscaya tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu sanggup memanfaatkan fitur ini untuk mengatakan kau peringatan ketika pemakaian data kau sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kau sanggup masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.


  
4. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data).


Jika kau benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya ialah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kau sanggup masuk ke sajian Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang memakai data ketika mereka berjalan di background, namun kendalanya ialah notifikasi kau akan terlambat datang.


5. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.


Banyak aplikasi yang dibentuk memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kau sanggup kunjungi sajian Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kau sanggup uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi gres yang lebih hemat kuota data.

  
6. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi.


Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi mempunyai opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Kamu sanggup mengaksesnya melalui sajian setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kau sanggup masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

  
7. Batasi update aplikasi hanya jikalau terhubung dengan WiFi.


Jika kau memakai aplikasi dari Google Play Store, maka HP kau akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan menciptakan boros kuota. Untuk menangani hal ini, kau sanggup aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada ketika HP kau terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kau sanggup masuk ke Play Store dan pilih sajian Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

  
8. Opera Berikan Kenyamanan Mengompresi Video


Browser Android lainnya, yaitu Opera juga mempunyai pilihan menarik yang sangat berguna. Fitur tersebut yakni memungkinkan kau untuk mengompresi video ketika melaksanakan penjelajahan di dunia maya. Tentu saja, menonton video secara streaming, sangat memakan kuota data kamu. Sehingga, paket internet kau selalu saja cepat habis.

Dengan adanya fitur di Opera ini, kau nggak perlu khawatir untuk menonton video streaming. Sudah pasti, fitur ini sangat menghemat kuota data ketika digunakan ketika menjelajah dunia maya. Apalagi, jikalau video yang terputar, merupakan ketidaksengajaan dari hasil penjelajahan kita. Untuk mengaktifkannya, kau perlu download browser Opera, kemudian pilih Settings, dan klik Data Savings. Praktis bukan?


9. Jangan Gunakan Aplikasi Facebook


Siapa yang nggak pakai Facebook? Pasti culun banget deh kalau di tahun 2016, kau masih belum memakai FB. Ya, aplikasi Android satu ini, merupakan salah satu konsumen terbesar yang memakan kuota data. Bahkan, tidak hanya data, Facebook juga akan menguras baterai kau dengan cepat. Jadi, apa yang harus kau lakukan?

Begini guys, kau tetap sanggup mengoperasikan Facebook memakai alternatif lain, ibarat membukanya pada browser Chrome ataupun Opera. Memang sih, banyak aplikasi alternatif untuk membuka FB, tetapi ibarat Facebook Lite saja yang diklaim sanggup mengurangi konsumsi data sampai 50%, ternyata masih saja tuh memakan ratusan MB per bulannya. Lebih baik dengan browser bukan?

10. Gunakan Aplikasi dan Game Offline


Untuk seorang gamers sejati, tidak lengkap rasanya jikalau pada smartphone kau tidak tersedia game untuk dimainkan. Namun, ibarat yang kita tahu, beberapa games membutuhkan jalan masuk internet secara konstan biar sanggup dimainkan. Entah ini memang bertujuan untuk mengatakan keamanan, ataupun terus-menerus mengambil kuota data kamu.

Ada cara menanggulanginya. Kamu sanggup memakai game yang tidak memerlukan jalan masuk internet ketika dimainkan, hanya memakan kuota data ketika mendownloadnya saja. Begitupun aplikasi, berbagai yang sanggup kau peroleh untuk smartphone Android kamu.

11. Masukkan Daftar Musik Kesayangan Kamu di Smartphone
Layanan streaming kini tersedia secara berlimpah. Dengan memakai smartphone, kau sudah sanggup mengakses YouTube, Spotify, Vie, ataupun situs streaming video dan musik lainnya. Padahal, dengan memakai ini, kuota internet kau akan cepat habis. Selain itu, mengakses aplikasi streaming secara berlebihan juga akan menguras daya baterai kamu.

Taruhlah daftar musik kesayangan kau pada penyimpanan di smartphone. Jika memori internal tidak mencukupinya, gunakanlah microSD. Apabila smartphone kau tidak mempunyai slot untuk microSD, kau sanggup memakai Flashdisk OTG biar tetap sanggup menikmati musik secara offline. Cara yang mudah, bukan?

12. Gunakan Aplikasi Navigasi Offline


Saat kau sedang mencari alamat, atau ingin mencapai tujuan tetapi kau tidak tahu jalannya, cara yang paling baik ketika ini ialah memakai aplikasi navigasi yang disediakan oleh Android. Kamu sanggup mendapat aplikasi navigasi apapun sesuai harapan kau pada Google Play Store.

Tetapi, tahukah kau bahwa aplikasi tersebut sangatlah memakan kuota data kamu? Salah satunya ialah Google Maps. Namun, hal itu masih sanggup ditepis. Kamu sanggup memakai Google Maps secara offline loh.


13. Jangan Download, Upload atau Mengirimkan Gambar Maupun Video


Saat kau jalan-jalan, tentu saja hal yang tidak pernah terlewatkan ialah kau niscaya akan mengabadikan moment seru tersebut dengan ber-selfie ria, memotret, bahkan menciptakan satu rekaman video. Nah, kebiasaan jelek nih ialah kau eksklusif main upload saja ke media umum kau untuk dipamerkan. Sayangnya, hal itu membawa efek jelek bagi kuota data.

Bayangkan, smartphone zaman kini sudah mempunyai ukuran dan resolusi kamera yang cukup baik. Dengan adanya hal itu, tentu ketika pengambilan gambar maupun video, niscaya akan menghasilkan ukuran gambar atau video yang sangat besar. Jika satu foto besarnya 10 MB, 10 foto berarti 100 MB, dan seterusnya 


14. Manfaatkan Sebaik Mungkin Wilayah Hotspot


Nah, hal ini yang paling menarik sedunia untuk para penggemar gadget. Saat kau berada di kafe, restauran, kawasan nongkrong manapun yang menyediakan konektivitas Wi-Fi, gunakanlah sebaik mungkin. Jangan pernah aib untuk bertanya password kepada para pelayan yang ada di kawasan tersebut.

15. Bagikan File Kamu Melalui Bluetooth


Di zaman yang penuh gengsi ibarat ini, biasanya Bluetooth sudah tidak terpakai ya guys ketika ingin menyebarkan foto, video, maupun file lainnya. Kamu niscaya selalu memakai aplikasi perpesanan untuk mempermudah proses transfer file antara smartphone kau dengan yang lainnya. Padahal, jelas-jelas ini memakan kuota internet kamu.


16. Kurangi kualitas streaming 


Layanan streaming musik dan video macam Spotify dan Netflix memang asyik, tapi sanggup menyedot kuota dengan dahsyat kalau tak hati-hati dipakai.

Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor.

Media sosial ibarat Snapchat turut memperlihatkan fungsi penghematan data berjulukan Travel Mode yang sanggup diakses melalui sajian settings.

Saat Travel Mode diaktifkan, Snapchat tidak akan mengunduh konten ibarat Stories di background apabila perangkat sedang terhubung ke jaringan seluler.



Mungkin Itu saja 16 Cara Hemat Kuota Internet / Data Seluler Android Dari Berbagai Sumber Terpercaya.