Mengenal 4 Perbedaan RS Umum dan Rumah Sakit Khusus




Penyakit pada dasarnya adalah hal yang sangat dihindari oleh siapa saja, namun tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya seseorang juga tidak bisa menolak ketika sudah terserang penyakit. Hanya saja yang membedakan adalah jenis penyakit yang menyerang tersebut, ada diantaranya yang masih masuk kedalam kategori penyakit ringan, namun juga ada yang berat sehingga membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu lama dan langkah penanganan medis, sehingga membuat mereka harus datang ke RS umum dan melakukan konsultasi dengan dokter, tak jarang juga sampai membutuhkan tindakan pembedahan atau operasi.


Di Indonesia sendiri jika dilihat fasilitas pengobatan yang ditawarkan saat ini memang kian banyak, tak hanya yang ada di kota-kota besar saja, melainkan juga sampai ke daerah-daerah sehingga agaknya bukan hal yang sulit bagi siapa saja pasien yang mengalami masalah kesehatan ini untuk mendapatkan pengobatan terbaik, tentunya agar bisa sembuh. Hanya saja mungkin yang membedakan adalah keberadaan dari fasilitas penunjangnya, begitu juga dengan tenaga medis atau dokter yang menangani masalah tersebut.

Bahkan tentunya Anda sendiri juga sudah tidak asing jika seandainya rumah sakit ini juga terbagi atas beberapa jenis atau tipe, seperti diantaranya adalah rumah sakit umum, kemudian juga ada rumah sakit khusus. Lalu sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Berikut ini yang hendaknya harus diketahui, yaitu:

  1. Pelayanan medis yang ditawarkan, perbedaan pertama memang dari segi pelayanan atau tindakan medisnya, dimana sesuai dengan namanya yaitu Rumah Sakit Umum maka harus menangani hampir semua jenis penyakit, mulai diantaranya adalah penyakit-penyakit ringan tertentu sampai dengan penyakit-penyakit khusus layaknya jantung, kemudian juga kulit dan kelamin, THT dan masih banyak diantaranya. Sedangkan rumah sakit khusus sesuai dengan namanya memang hanya melayani beberapa tindakan medis tertentu, contohnya adalah rumah sakit ibu dan anak yang fokusnya adalah pelayanan terkait dengan masalah kesehatan wanita dan anak-anak, misalnya kehamilan dan persalinan.
  2. Fasilitasnya, perbedaan kedua adalah dilihat dari segi fasilitasnya, dimana untuk rumah sakit umum yang mana ditujukan untuk melayani berbagai macam kondisi medis, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya fasilitas penunjang pengobatan yang diberikan juga lebih lengkap, mulai dari ruang rawat inap, kemudian juga keberadaan dari UGD untuk pasien gawat darurat sampai dengan laboratorium, juga ada radiologi hingga terkadang juga ada fasilitas hemodialisa dan sejenisnya. Namun fasilitas ini sendiri sebenarnya juga bergantung pada kemampuan dari penyelenggaraannya sendiri.
  3. Pembayaran, kebanyakan diantara rumah sakit umum ini memang milik pemerintah, sehingga memungkinkan pembayarannya tak hanya dapat dilakukan secara cash atau tunai saja, melainkan juga menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu, sebut saja diantaranya adalah dengan mengandalkan fasilitas BPJS Kesehatan, tentunya bagi pesertanya, hingga karena menjalin kerjasama juga dengan beberapa perusahaan asuransi, maka Anda juga bisa mengandalkan hal tersebut. Sedangkan untuk rumah sakit khusus, biasanya tidak semuanya yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan, jadi pesertanya tidak dapat berobat dengan menggunakan fasilitas tersebut.
  4. Biaya, dari segi biasanya sendiri biasanya rumah sakit umum juga lebih murah, apalagi jika seandainya merupakan rumah sakit pemerintah, karena kebanyakan dana sudah didapatkan dari subsidi pemerintah, tidak seperti rumah sakit khusus yang terkadang mematok tarif begitu mahal.

Itulah beberapa perbedaan antara RS umum dan juga rumah sakit khusus yang harus diketahui sehingga tidak salah dalam memilih tempat untuk berobat.